Bagaimana Agar Kerjasama Anda Semakin Mesra?

//Bagaimana Agar Kerjasama Anda Semakin Mesra?

Bagaimana Agar Kerjasama Anda Semakin Mesra?

Bagaimana Agar Kerjasama Anda Semakin Mesra?

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Ada pepatah Afrika yang mengatakan, “If You Want To Go Fast, Go Alone. If You Want To Go Far, Go Together”.  Anda memilih yang mana, Fast atau Far? Orang yang ingin sukses jangka panjang, berpeluang besar memilih FAR. Apabila berprestasi, ia ingin prestasinya jangka panjang. Apabila berbisnis, ia ingin bisnisnya terus tumbuh dan bertahan lama, tidak rapuh dan mudah bangkrut.

Nah, untuk Go Far, Anda perlu together, bekerjasama dengan banyak pihak. Tidak ada orang hebat yang tidak bekerjasama. Kita saling membutuhkan pihak lain, ada yang dibutuhkan sesaat, ada yang dibutuhkan jangka panjang. Kerjasama biasanya terjadi karena ada saling ketergantungan dalam jangka waktu tertentu.

Agar kerjasama bisa bertahan lama, saran saya ada beberapa yang perlu Anda perhatikan. Pertama, sharing vision. Ingat nasehat orang tua dulu “ayam berkumpul dengan ayam, kambing berkumpul dengan kambing, serigala berkumpul dengan serigala.”

Apa maknanya? Orang yang memiliki visi seirama biasanya akan berkumpul, bersahabat dan bersaudara. Sampaikan visi Anda, baik visi pribadi maupun visi institusi Anda. Dengarkan juga visi mitra kerja Anda.

Kedua, share expectation. Agar Anda mampu memuaskan mitra kerja Anda, tanyalah apa ekspektasi (harapan tinggi) mereka. Anda pun perlu menyampaikan apa ekspektasi Anda. Apabila Anda tidak mampu mengelola ekspektasi mitra kerja maka bersiaplah kerjasama Anda tidak berlanjut.

Jangan menjanjikan sesuatu yang tidak mampu Anda berikan. Karena sesuatu yang Anda janjikan itu menjadi ekspektasi baru bagi mereka. Ekspektasi yang tidak bisa kita penuhi itu merusak integritas dan reputasi. Dan itu harganya sangat mahal saudara….

Ketiga, adanya mutual benefit. Inti dari kerjasama adalah adanya pertukaran benefit. Guru bisnis saya berkata “bisnis itu perpaduan dua fit. Semakin tinggi benefit yang Anda berikan, semakin besar profit yang Anda dapatkan.” Adanya simbiosis yang saling menguntungkan membuat kerjasama diperpanjang, lagi…dan lagi…. Asyik khan?

  Pemimpin Jangan Makan Gaji Buta

Apabila dalam bekerjasama Anda saling melakukan sharing vision, share expectation dan saling memberikan manfaat maka kerjasama semakin mesra dan bertahan lama. Praktekkanlah dalam kehidupan rumah tangga, bisnis, dan kehidupan sehari-hari. Cobalah.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends
2018-04-05T15:29:55+00:00 January 26th, 2018|Tags: , , , |

Leave A Comment