Kenali 4 Tipe Leader Yang Eksis di Zaman Now, Kalau Anda Pilih Yang Mana?

//Kenali 4 Tipe Leader Yang Eksis di Zaman Now, Kalau Anda Pilih Yang Mana?

Kenali 4 Tipe Leader Yang Eksis di Zaman Now, Kalau Anda Pilih Yang Mana?

Kenali 4 Tipe Leader Yang Eksis di Zaman Now, Kalau Anda Pilih Yang Mana?

Kubik Leadership / Innovate For Impact

Menjadi leader di zaman yang penuh dengan ketidakpastian sekarang ini bukanlah sesuatu hal yang mudah. Anda harus senantiasa meningkatkan kapasitas diri agar tidak tersalip oleh mereka yang lebih muda dan lebih agile dalam menghadapi perkembangan zaman.

Dan berbicara tentang leader, berdasarkan pengamatan kami selama puluhan tahun menangani ratusan klien perusahaan 100 Fortune, Kubik Leadership merangkum ada 4 tipe leader yang eksis di zaman now atau masih menjabat sampai saat ini. Siapa sajakah mereka? Simak uraiannya berikut ini.

• Leader tipe A

Leader tipe ini tergolong expert dalam suatu bidang sehingga dapat dengan cepat menaiki tangga karir. Mereka terbiasa bekerja sendiri sehingga agak kesulitan saat diminta mengarahkan dan memobilisasi orang lain. Sejatinya mereka menjadi pemimpin dikarenakan sistem dan masa tugas yang mengharuskan mereka untuk naik ke tingkatan yang lebih tinggi.

• Leader tipe B

Leader tipe ini merupakan orang terpandang atau berderajat tinggi di dalam kelompoknya, semisal kaum bangsawan, cendekiawan, dan lain sebagainya. Mereka biasanya memiliki kecerdasan dan kemampuan finansial di atas rata-rata sehingga dapat memberikan pengaruh lebih besar terhadap timnya. Karena kemampuannya ini juga, mereka cenderung susah menerima kritik dari luar dan mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan mereka sendiri.

• Leader tipe C

Leader tipe ini sangat berjiwa ke’bapak’an dimana mereka memproyeksikan diri sebagai sosok ayah yang senantiasa melindungi, mendengar, menasehati dan memahami. Dengan penampilannya yang karismatik, mereka mencoba menyentuh sisi emosional untuk memobilisasi massa. Namun gayanya yang terkesan kuno membuat mereka tidak mampu menghadirkan sesuatu yang berbeda dan cenderung melakukan hal yang itu-itu saja.

• Leader tipe D

Leader tipe ini biasanya memiliki value dan misi yang berbeda dibandingkan leader kebanyakan atau bisa dikatakan out of the box. Dengan karismanya, mereka mampu memobilisasi tim untuk mengimplementasikan value dan misi tersebut dalam setiap hal yang mereka lakukan. Mereka juga mampu menggerakkan bawahannya untuk senantiasa menemukan cara-cara baru dan solutif dalam menghadapi perubahan zaman.

  Kubik Leadership Menjawab Tantangan Perusahaan Tentang Isu Multigenerasi

Itulah 4 tipe leader yang masih eksis zaman now dan mungkin Anda bisa memberikan contoh nama untuk masing-masing leader di atas.

Kalau menurut Anda, dari keempat tipe tersebut, manakah yang paling kompeten untuk memimpin tim di era disruptif ini?

Tulis jawabannya di kolom komentar ya!

 

Informasi training, coaching dan consulting: hubungi 021-29-400-100 atau 082-111-999-022

Subscribe Inspirasi Leadership Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends
2018-04-05T15:29:41+00:00 March 6th, 2018|Tags: , , , |

Leave A Comment