fbpx

Kubik Leadership

Change Leadership :  Being A Change Agent

“If you want to be an agent of change, it start with you and what you’re made of”

Michael J. Fox

Perubahan adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari dan selalu hadir di semua perusahaan terlepas dari besar atau kecil ukuran organisasi tersebut, jenis industri, dan seberapa lama bisnis atau organisasi tersebut eksis.

Dalam era saat ini semua perusahaan sedang berlomba-lomba dalam memberikan respon terbaiknya melalui berbagai inisiasi perubahan. Perubahan tersebut diperlukan agar bisnis mereka lebih gesit, tentunya dengan managemen yang lebih baik.

Agen perubahan memiliki arti penting ikut andil menghadirkan transformasi perusahaan. Mereka berperan  membantu dan mendukung secara teknis maupun sosial kepada orang-orang di perusahaan.

Menimbang tugas penting tersebut, mereka perlu memiliki pegangan dalam memperjuangkan kehidupan terbaiknya. Pegangan tersebut dibutuhkan agar mereka tidak mudah goyah dan dengan senang hati menjalankan peran sebagai change agent.

Pegangan tersebut adalah prinsip hidup SukesMulia. SuksesMulia adalah prinsip untuk mendapatkan kesuksesan setinggi-tingginya dengan memberikan dampak manfaat ke orang sekitar sebesar-besarnya. Dengan demikian, seorang change agent akan meraih kesuksesan dengan tetap visioner mencapai puncak karir terbaiknya dan juga mampu memberikan kebermanfaatan melalui inisiasi perubahan kepada karyawan atau rekan kerja di perusahaan.

Lalu apa saja saja peranan seorang agen perubahan?  Berikut 4 hal yang dilakukannya dalam membantu mencapai transformasi perusahaan:

  1. Inisator

Mendorong dan menggerakan orang disekitarnya khususnya di unit masing-masing melalui inisiatif yang diperlukan baik berupa usulan hingga aksi dalam rangka memastikan tercapainya tujuan perusahaan

  1. Problem solver

Mampu memberikan alternatif solusi dalam menghadapi kendala dalam proses berjalannya perubahan organisasi ke arah yang lebih baik.

  1. Komunikator

Menjadi penghubung antar stakeholder dan membina hubungan dengan berbagai pihak untuk memperlancar proses perubahan dan penyelesaian masalah dalam pelaksanaan perubahan reformasi birokrasi

  1. Sumber Energi

Mampu memberi keyakinan dan pengaruh positif untuk bisa bersama-sama bergerak ke arah perubahan yang lebih baik

Bagaimana cara agar menjadi agen perubahan yang efektif dan berimpact dalam menjalankan perannya? Ada 3 tiga kemampuan dasar seorang agen perubahan yg perlu dimiliki sbb:

  1. Managing Resistance, proses perubahan tidak terjadi begitu saja, karena dalam menghadapi perubahan, seseorang memberikan berbagai respon seperti menolak, tidak peduli, atau bahkan ada yang kooperatif menerima dan ingin menjalankan perubahan. Sehingga penting seorang change agent tidak baperan dan dapat memahami reaksi orang-orang disekitar dalam merespon perubahan tersebut dan mencari cara agar semua orang mampu menyadari pentingnya perubahan tersebut, sehingga mau untuk berubah bersama-sama.
  2. Effective Communication to Influence Others, menularkan perilaku positif untuk mempengaruhi dan menggerakkan lingkungannya dalam rangka mewujudkan misi transformasi perusahaan
  3. Reinforcing Others, perubahan tidak dapat dilakukan sendiri, dibutuhkan keterlibatan setiap individu dalam organisasi. Dalam proses ini, penting untuk saling memberikan feedback terkait apa yang sudah baik dan apa yang perlu ditingkatkan dan juga memberi apresiasi kepada tim yang sudah bersama dan berusaha untuk mewujudkan transformasi perusahaan.


Leave a Reply

39 − = 36

Open chat
1
Salam SuksesMulia,

Terima kasih telah mengunjungi Kubik Leadership - HR partners specializing in Leadership and Personal Development.

Ada yang bisa kami bantu untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda?

klik icon whatsapp dibawah ini.