KUBIK LEADERSHIP / Lead for Impact

Sebagai salah satu upaya dalam membangun sebuah tim yang hebat, tentu tidak terlepas dari peranan penting seorang leader yang memimpinnya, bukan? Dengan adanya kepemimpinan yang baik dan mampu mengatasi segala permasalahan yang dihadapi perusahaan, maka bukan tidak mungkin hal itu akan berpengaruh pada perusahaan yang dipimpinnya. Meski demikian, tahukah leader bahwa para pemimpin terbaik ini biasanya memiliki jenis dan gaya kepemimpinan yang berbeda – beda di suatu perusahaan? Apalagi pelatihan leadership yang diikuti setiap leader juga pastinya berbeda – beda pula, bukan? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai jenis leadership dan gaya kepemimpinan di perusahaan, leader bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa saja jenis leadership di perusahaan?

Pada umumnya, sebuah perusahaan memiliki beberapa jenis kepemimpinan yang sering ditemui bagi para leader. Adapun jenis – jenis leadership tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Essential Leadership

Merupakan seorang pemimpin perusahaan yang mempunyai pola pikir dan mental kepemimpinan yang tepat serta mampu menunjukkan sikap dan perilaku yang dapat mendorong setiap anggota tim untuk menunjukkan hasil kinerja terbaiknya.

  • Exponential Leadership

Yakni seorang leader yang benar – benar memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dalam memberdayakan setiap anggota timnya dalam menciptakan masa depan bisnis perusahaan yang berkembang dan sukses ke depannya.

  • Business Leadership

Seorang pemimpin yang memiliki kemampuan dalam berpikir secara strategi bisnis, dan mampu mengontrol jalannya proses eksekusi dengan tujuan mampu meningkatkan keuntungan usaha dalam jangka waktu menengah maupun dalam jangka yang panjang.

  • Organizational Leadership

Merupakan seorang pimpinan kerja / organisasi yang mempunyai kemampuan dalam hal mengelola dan merancang kembali tim dalam organisasinya dalam hal meningkatkan akselerasi pencapaian tujuan bisnis dan organisasi.

  • Team Leadership

Yakni seorang pemimpin perusahaan yang mempunyai kemampuan dalam mengelola berbagai tantangan dan hambatan dalam meraih target tim, baik dalam hal emosi, strategi maupun eksekusi dari setiap anggota timnya.

Bagaimana gaya kepemimpinan dalam perusahaan?

Setelah mengetahui berbagai jenis leadership di atas, leader juga perlu mengetahui gaya kepemimpinan seperti berikut ini.

  • Autokratis : leader memutuskan segala sesuatu tanpa meminta pendapat dan pertimbangan dari anggota tim.
  • Demokratis : pemimpin memutuskan segala sesuatu dengan tetap mempertimbangkan pendapat dari anggota tim.
  • Transformasional : seorang pemimpin yang berkeinginan untuk melakukan perubahan dengan cara meningkatkan  kebudayaan, membalikkan keadaan dan memperoleh keuntungan yang banyak.
  • Transaksional : seorang pemimpin yang lebih mengutamakan pada kinerja tim dalam melakukan tugas sesuai dengan yang seharusnya dan tidak ingin mengubah keadaan yang sudah stabil.

Biasanya, wawasan mengenai jenis dan gaya kepemimpinan seperti ini dapat leader dapatkan dengan mengikuti pelatihan di PT Kubi k Kreasi Sisilain ‘Lead for Impact’. Dengan menghubungi nomor di 082 111 999 022, (021) 781 3030 maka leader sudah dapat mengikuti training kepemimpinan dengan mudah dan tentunya bermanfaat bagi diri sendiri dan perkembangan perusahaan.