• KUBIK LEADERSHIP  / Lead for Impact

Dampak pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada sistem pekerjaan di hampir sebagian perusahaan – perusahaan yang ada di seluruh negara di dunia. Apalagi saat ini banyak sekali pekerjaan yang terpaksa harus dikerjakan di rumah (work from home) demi menekan penularan virus Covid-19. Meski demikian, productivity seorang leader dalam menerapkan kepemimpinan di era new normal tentu saja tidak boleh menurun, bukan? Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang pemimpin dalam mengikuti pelatihan leadership di jasa layanan training seperti di PT Kubik Kreasi Sisilain. Hal ini dilakukan agar seorang leader dapat menerapkan tips dan trik dalam memimpin para start employee secara efektif demi perkembangan perusahaan di era new normal seperti saat ini.

Perkuat rasa kemanusiaan terhadap orang lain

Hal yang paling penting bagi seorang leader dalam menerapkan kepemimpinan di era new normal yakni dengan memperkuat rasa kemanusiaan terhadap karyawan. Sebab, seorang leader juga perlu tahu bahwa karyawan bukan dijadikan sebagai mesin penghasil uang, namun berperan penting dalam bekerja sama memajukan perusahaan. Oleh karena itu, harus leader pahami mengenai rasa kemanusiaan di antara sesama tersebut.

Memiliki wawasan kesehatan yang tepat

Mengingat saat ini seluruh dunia mengalami dampak pandemi Covid-19, maka seorang leader juga penting untuk memiliki wawasan kesehatan yang tepat. Seperti misalnya menerapkan protokol kesehatan di perusahaan bagi seluruh orang – orang yang ada di kantor maupun para pengunjung kantor. Dalam hal ini, leader bisa menerapkan aturan wajib memakai masker, mencuci tangan dan lain sebagainya.

Miliki sikap keterbukaan di perusahaan

Di era new normal seperti sekarang ini, sikap keterbukaan seorang pemimpin sangat berperan penting bagi perusahaan. Hal ini dilakukan agar setiap karyawan mampu menumbuhkan rasa kepercayaan satu sama lain dalam menghadapi pandemi Covid-19. Sebagai contoh ketika ada salah seorang yang terkena virus Covid-19, maka sebagai seorang leader harus bersikap terbuka dalam menginformasi kabar ini kepada orang lain. Sehingga, seorang leader dalam menerapkan kepemimpinan di era new normal dapat mengingatkan bahwa protokol kesehatan sangat penting untuk dilakukan seluruh orang.

Selalu menumbuhkan kreativitas dalam perusahaan

Hal yang tak kalah penting dilakukan seorang leader di perusahaan dalam segala situasi dan kondisi yakni dengan selalu menumbuhkan kreativitas dalam perusahaan. Langkah ini sangat berguna agar perusahaan dapat berkembang dengan baik di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. Dan tentunya mampu bersaing dengan para kompetitor lain di pasaran.

Mampu menerapkan sistem fleksibilitas dalam manajemen

Cara yang bisa seorang leader lakukan dalam kepemimpinan di era new normal yakni dengan menerapkan sistem fleksibilitas dalam manajemen. Maksudnya, seorang leader mampu menerapkan aturan yang tepat sesuai dengan kondisi yang terjadi seperti sistem kerja shift, penerapan work from home dan aturan – aturan lain.