Ambil Kesempatan Agar Hidup Anda Semakin Beruntung

/, Leadership Insight, Motivasi Jamil Azzaini/Ambil Kesempatan Agar Hidup Anda Semakin Beruntung

Ambil Kesempatan Agar Hidup Anda Semakin Beruntung

Kubik Leadership / Lead For Impact

Di tulisan sebelumnya, saya mengutip salah satu hasil penelitian yang menyatakan bahwa orang-orang menjadi kaya raya bukan karena bakat dan kecerdasan tetapi karena keberuntungan. Dan formula keberuntungan itu sederhana, yakni saat bertemunya persiapan dan kesempatan. Pada tulisan itu, saya sudah menyampaikan tiga hal yang perlu dilakukan pada tahap persiapan. Dan pada tulisan kali ini, saya akan membahas tentang kesempatan.

Berbagai kesempatan bertebaran di sekitar kita tetapi tidak terlihat. Ibaratnya, di sekitar kita banyak bertebaran tempat ATM tetapi kita tidak menyadarinya karena kita tidak memiliki kartu ATM bank tersebut. Bertahun-tahun saya tinggal di Perumahan Telaga Kahuripan Bogor tetapi saya tidak mengetahui bahwa di dekat perumahan tersebut ada pemandian air panas. Untuk mandi air panas alami saya harus ke Ciater di Bandung atau Cipanas di Garut.

Setelah saya memerlukan terapi air panas yang lebih intensif, saya baru mengetahui bahwa untuk mandi air panas alami saya tidak perlu pergi jauh. Saya bisa ke pemandian air panas Ciseeng, dekat perumahan Telaga Kahuripan Parung Bogor atau ke pemandian air panas Gunung Pancar di Sentul. Sejalan dengan analogi tersebut, hal pertama yang perlu Anda lakukan agar bisa menangkap kesempatan adalah “Tetapkanlah Peran Anda. Atau dengan kata lain Anda ingin dikenal sebagai ahli di bidang apa?

Begitu Anda menetapkan peran Anda, maka berbagai peluang yang berhubungan dengan peran Anda akan datang bermunculan. Sebagaimana Anda yang semula tidak punya kartu ATM bank tertentu sehingga Anda tidak tahu letak berbagai tempat ATM bank tersebut. Namun ketika Anda kemudian mempunyai kartu ATM maka Anda menjadi tahu letak ATM bank tersebut di berbagai tempat.

  Monday Knowledge: Menghidupkan Leadership Kapanpun Dimanapun

Nah, untuk mampu menangkap berbagai kesempatan, pertama-tama tetapkanlah peran Anda saat hidup di dunia ini. Hidup jangan biarkan mengalir tanpa ada peran yang Anda mainkan. Jawablah pertanyaan-pertanyaan singkat berikut, Apa peran Anda? Apa profesi yang ingin Anda tekuni? Anda ingin dikenal sebagai ahli apa? Sebaiknya, jawab dulu pertanyaan-pertanyaan ini sebelum melanjutkan membaca ya.

Kedua, katakan YES untuk setiap peluang yang menantang dan segera kerjakan. Richard Branson pengusaha unik yang memiliki hampir 400 perusahaan di seluruh dunia pernah berpesan “Jika seseorang memberikan tawaran kepadamu sebuah kesempatan besar dan kamu tidak yakin mengerjakannya, katakanlah YES, kemudian belajarlah bagaimana cara menyelesaikan tantangan tersebut sesudahnya.”

Banyak orang kehilangan kesempatan karena mereka lebih sering berpikir susahnya, berpikir sisi negatifnya, hambatannya, dan penghalang-penghalang lainnya. Untuk itu, apabila Anda tidak ingin kehilangan berbagai kesempatan saat ada peluang khususnya yang sejalan dengan peran yang ingin Anda mainkan, sejalan dengan profesi Anda, segeralah tangkap atau ambil.

Ketiga, kirim undangan kebaikan. Tentu Anda tidak akan hadir ke acara pernikahan orang lain apabila Anda tidak mendapat undangan. Sebaliknya, Anda akan berusaha hadir ke undangan pernikahan tersebut apabila Anda mendapatkan undangan. Begitu pula keberuntungan perlu diundang, dengan cara bagaimana mengundang keberuntungan? Dengan cara mengirimkah berbagai kebaikan ke berbagai orang. Semakin banyak kebaikan yang Anda kirim, semakin banyak keberuntungan yang akan Anda dapatkan.

Apabila Anda ingin meningkatkan pemahaman dan keyakinan Anda tentang undangan kebaikan ini, bacalah buku pertama saya, Kubik Leadership (Gramedia), bacalah bab Prinsip Alam di dalam buku yang saya tulis sejak tahun 2005 ini.

Segera manfaatkan berbagai kesempatan yang ada di sekitar Anda dengan tiga hal tersebut di atas. Percayalah, atas izin-Nya, berbagai keberuntungan hidup akan datang menghampiri Anda. Praktekkanlah mulai saat ini.

  Kolaborasi atau Ko-Kreasi?

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends
2018-07-26T15:12:45+00:00 July 26th, 2018|Tags: , , , |

Leave A Comment