fbpx

Kubik Leadership

Apakah Anda siap mencapai kesuksesan dengan tim?

Dua tahun pandemik berlangsung telah membawa angin segar bagi kita semua, kabar terbaru dari riset Price waterhouse Coopers (PWC) 2022 mengabarkan bahwa ekonomi global telah pulih dari kegelapan tahun 2020. Kawasan asia pasifik diproyeksikan tetap menjadi kawasan dengan pertumbuhan tercepat dunia. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Pada kuartal pertama 2022, capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah berada di atas rata-rata produk domestik bruto (PDB) di tahun 2019. Pertumbuhan saat ini tidak lepas dari peran pelaku bisnis yang terus bergerak untuk rebound. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil survey yang melibatkan para CEO di berbagai negara Asia Pasifik, menyebutkan CEO di Indonesia merupakan pemimpin yang paling optimis dengan pertumbuhan ekonomi global dengan meningkatkan kemampuan organisasi-bisnis beserta produk dan layanan yang dikeluarkan.

Namun, dengan menimbang trend tantangan yang semakin besar dihadapi oleh CEO di Asia, khususnya Indonesia, yaitu persaingan pasar yang semakin ketat, tekanan margin, dan juga war of talent (mencari orang-orang dengan skill terbaik), para CEO atau Leader tidak boleh cepat puas, karena untuk terus mencapai kesuksesan bisnis tersebut seorang leader tidak bisa hanya berjalan sendirian, mereka membutuhkan tim yang sama kuat untuk terus bergerak kearah target perusahaan. Hasil penelitian Dharma (2020) menunjukkan bahwa “Berhasil atau tidaknya suatu organisasi, perusahaan, pemerintahan, bahkan suatu negara ditentukan oleh faktor kepemimpinan, dan dalam kepemimpinan terdapat leader dan follower”. Jadi tidak hanya leader yang bergerak namun juga bagaimana seorang leader membawa timnya untuk bergerak menuju tujuan dan target-target perusahaan.

Menilik success story dari Netflix yang terus menghidupkan values people over process. CEO Netflix menyebutkan “setiap bisnis yang berkembang memerlukan beberapa proses dan struktur. Namun dengan pendekatan yang mengutamakan people, kami dapat menjadi lebih fleksibel, kreatif, dan sukses dalam segala hal yang kami lakukan”.  Cerita kesuksesan Netflix dengan budaya menghargai orang-orang di dalam perusahaan bisa diakses di https://www.antaranews.com/berita/1938040/rahasia-di-balik-kesuksesan-netflix

Success story juga datang dari perusahaan dalam negeri yaitu tokopedia. CEO dan juga Founder Tokopedia William Tanuwijaya yang terus memastikan bahwa ia dan timnya harus memiliki arah “kompas” yang sama. (sumber: https://www.wartaekonomi.co.id/read363861/cerita-william-tanuwijaya-dulu-susah-rekrut-karyawan-kini-tokopedia-punya-lebih-dari-5000-karyawan?page=2 )

Lalu bagaimana dengan Anda? Apakah Anda telah merangkul dan berjalan kearah yang sama dengan tim Anda? Apakah Anda telah mengoptimalkan kinerja tim sehingga berhasil mencapai tujuan bersama? Untuk dapat mengoptimalkan tim yang berdampak pada kesuksesan bisnis, seorang pemimpi perlu memiliki prinsip yang menjadi pegangan. Pahami dua prinsip kepemimpinan tim:

  1. Memberikan arah: Seorang pemimpin diharapkan mampu menentukan kemana orang-orang yang ia pimpin akan ia bawa maka penting bagi seorang pemimpin untuk menetapkan arah sebagai titik tuju untuk bisa dicapai bersama-sama dengan tim.
  • Mengarahkan emosi:
  • menjadi gravitasi energi positif bagi anggota tim
  • beri panggung pada tim yang energinya positif agar menyebar, dan tumbuhkan tim dengan energi negatif.
  • perlakukan semua orang dengan keyakinan bahwa semua orang punya intensi positif di balik semua perilakunya.
  • Mengarahkan strategi:
  • melihat gambar besar organisasi agar menjadikan kita lebih adil, bijak dan tepat dalam menetapkan strategi.
  • menggunakan semua informasi secara bijak untuk menetapkan strategi yang tepat.
  • menyelaraskan agenda jangka pendek untuk mencapai agenda jangka panjang perusahaan
  • Mengarahkan eksekusi:
  • memberikan penilaian yang adil dan memberikan apresiasi kepada tim atas eksekusi kerja yang telah dilakukan
  • pelajari kekuatan dan kelemahan anggota tim, kemudian delegasikan pekerjaan pada mereka sesuai dengan kekuatan/ keahliannya.
  • awali supervisi pada kingpin: antara anak buah Anda ada orang-orang yang memiliki posisi kunci, jika ia melakukan pekerjaannya dengan baik maka akan mempengaruhi kebaikan pada yang lain.
  1. Menjaga keseimbangan

Keseimbangan berasal dari kata seimbang yang berarti menjaga atau meletakkan (sesuatu) pada posisi stabil.

  • Keseimbangan mengarahkan emosi

 

SUHU PANAS SUHU DINGIN
·        Suasana kerja kompetitif

·        Penuh prasangka negatif

·        Trust satu sama lain rendah

·        Suasana kompetisi minim

·        Gairah kerja rendah

·        Kerja seperti robot/zombie

  • Keseimbangan mengarahkan strategi
INVESTASI INCOME
·        Buka cabang baru

·        Penambahan karyawan

·        Penambahan fasilitas

·        Efisiensi biaya

·        Anggaran ketat

·        Fokus mendapatkan pemasukan sebanyak-banyaknya

  • Keseimbangan mengarahkan eksekusi
BELAJAR IMPLEMENTASI
·        Tren industri berubah

·        Kebutuhan upgrade kemampuan

·        Tuntutan penguasaan kemampuan baru

·        Aplikasi kemampuan yang dimiliki di pekerjaan

·        Penyesuaian output kerja dengan kemampuan

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda siap mencapai kesuksesan bisnis Anda dengan tim?

“Great things in business are never done by one person. They are done by a team of people” – Steve Jobs –

 

Sumber:

  1. Rahasia dibalik suksesnya Netflix https://www.antaranews.com/berita/1938040/rahasia-di-balik-kesuksesan-netflix
  2. https://www.pwc.com/gx/en/about/pwc-asia-pacific/ceo-survey-2022.html?gclid=CjwKCAjw7vuUBhBUEiwAEdu2pP5rOO9gAgLK_r7QDSj2Ue4IC8wiCbFv4NgGU0_PqhS4_TgtbyW4aRoCAooQAvD_BwE
  3. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/kondisi-perekonomian-indonesia-semakin-membaik/
  4. Asri, A. A. S. M. A. N., & Darma, G. S. (2020). Revealing the digital leadership spurs in 4.0 industrial revolution. International Journal of Business, Economics & Management, 3(1), 93-100. https://doi.org/10.31295/ijbem.v3n1.135


Leave a Reply

− 1 = 2

Open chat
1
Salam SuksesMulia,

Terima kasih telah mengunjungi Kubik Leadership - HR partners specializing in Leadership and Personal Development.

Ada yang bisa kami bantu untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda?

klik icon whatsapp dibawah ini.