Setiap hari ratusan keputusan kita buat baik sadar atau tidak, benar atau tidak, disesali ataupun tidak. Bahkan saat kita mengatakan saya tidak mau memutuskan apapun, disitulah kita sudah membuat keputusan untuk tidak memutuskan apapun. Maka manusia selalu dihadapkan oleh pilihan pilihan keputusan dan itu semua berada dalam kendalinya.

Namun setiap keputusan memiliki sahabat karib yang selalu bersamanya yang disebut konsekuensi. Sayangnya manusia tidak diberikan kendali untuk memilih konsekuensi. Konsekuensi sudah satu paket ada dalam setiap keputusan yang kita buat.

Jadi apapun yang terjadi dalam hidup kita, ada porsi keputusan yang kita buat yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Kalaupun ada sesuatu yang menimpa hidup kita yang datangnya murni dari luar, kita masih bisa membuat keputusan dalam menyikapi kejadian tersebut.

Maka wajar jika setiap kita hakekatnya adalah pemimpin. Minimal kita memimpin diri kita sendiri dengan setiap keputusan yang kita buat. Dan sebagian dari kita diberi amanah untuk membuat keputusan atas hidup banyak orang.

Lalu keputusan apa yang terbaik yang bisa kita ambil? Paling tidak ada 3 prinsip utama untuk membuat keputusan :

1. Ambillah keputusan yang memberikan hasil keberdayaan diri, bukan melemahkan diri.
2. Buatlah keputusan yang bersumber dari hasil pemikiran logis, bukan perasaan.
3. Ciptakan keputusan dalam kondisi emosi terbaik dan libatkan Allah dalam prosesnya.

Mudah2an tiga hal diatas dapat membantu kita menciptakan keputusan terbaik yang pada saatnya nanti semua keputusan yang kita buat harus kita pertanggungjawabkan dihadapanNYA.

Maka, yang terjadi dalam hidup kita adalah hasil dari keputusan diri sendiri. Bijaklah memutuskan.

Andra Donatta
Personal Development Coach

Salam SuksesMulia