Kubik Leadership / Lead For Impact

Saya yakin semua orang ingin bahagia, dan menurut saya bahagia itu sangat berhubungan dengan kesuksesan seseorang. Untuk bahagia tidak perlu menunggu sukses, menurut saya bila kita bahagia peluang suksesnya lebih besar, peluang sehatnya lebih besar, peluang keluarga harmonisnya juga lebih besar. Bahagialah mulai sekarang.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kita semakin bahagia. Dari berbagai rujukan yang dikeluarkan oleh Harvard University, maupun kajian dari perguruan tinggi yang lain, serta pengalaman dan pengamatan saya, ada beberapa cara agar kita semakin bahagia.

Pertama, berdoa. Berdoa yang khusyu dan memahami apa yang kita doakan ternyata merangsqng otak untuk mengeluarkan hormon-hormon yang membuat seseorang bertambah bahagia, bertambah semangat dan bergairah. Apalagi berdoa saat dalam keadaan hening, sepi. Misalnya berdoa sebelum waktu subuh, berdoa saat orang lain sedang tidur. Saya sudah merasakan hal ini, hidup lebih tenang dan tidak “kemrungsung”.

Kedua, olah raga. Shaw Anchor dari Harvard University menyatakan sekumpulan orang depresi yang hanya minum obat tanpa berolah raga dalam waktu 6 bulan, 38% kembali depresi. Dan menariknya, hanya 9% yang kembali depresi apabila orang tersebut memiliki aktivitas tambahan olah raga. Olah raga bukan hanya membuat bahagia tetapi juga menyehatkan dan menyegarkan. Dengan aktifitas yang sangat padat, saya tetap menyempatkan diri berolahraga dan saya merasa itu meningkatkan kebahagian dan kebugaran tubuh saya. CobaLah.

Ketiga, sibuk melakukan kebaikan kecil. Sonja Lyubomisrky (Tha How Of Happiness, 2008) menyatakan bahwa orang yang diminta untuk melakukan lima kebaikan kecil dalam satu hari ternyata merasa lebih bahagia selama satu minggu ke depan dibanding dengan orang yang tidak diminta melakukan apapun. Tidak perlu melakukan kebaikan besar, kebaikan kecil dan sederhana akan membuat kita semakin bahagia.

Keempat, bekerja sesuai passion. Kita bekerja, bisa seolah merasa tidak bekerja. Koq bisa? Ya, apabila kita mengerjakan sesuatu yang itu menjadi hobi kita, atau sesuatu yang menjadi passion kita. Untuk itulah menemukan dan bekerja sesuai passion sangat penting agar kita semakin bahagia dalam bekerja, tidak hanya rutin bekerja.

So, bahagia ternyata tidak sulit, sangat mudah. Salah satunya, lakukan empat hal tersebut di atas. Siap?

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends