KUBIK LEADERSHIP / Lead for Impact

Bagi sebagian besar orang yang terjun dalam dunia bisnis, tentu akan sangat membutuhkan yang namanya pelatihan dan pengembangan SDM dalam diri sendiri, bukan? Ya, hal ini menjadi salah satu pokok terpenting mengapa leader perlu untuk mengetahui apa itu personal development. Jika dilihat dari penjelasan secara singkat, personal development adalah suatu pengembangan dalam diri sendiri. Namun, leader juga perlu untuk mengetahui lebih dalam mengenai definisi personal development beserta manfaatnya di dunia kerja di bawah ini.

Definisi personal development

Personal development adalah suatu proses pengembangan diri yang dimiliki oleh seseorang dengan tujuan untuk mencapai kesuksesan di dunia kerja. Dengan adanya pengembangan diri ini, maka leader mampu untuk mengendalikan diri sendiri dengan baik ketika bekerja di perusahaan tertentu. Adapun tujuan utama dari personal development ini yakni untuk menggali potensi yang ada dalam diri sendiri untuk bisa bertahan dari segala perubahan zaman yang ada di sekitarnya.

Berbicara soal personal development, sekarang ini banyak sekali jasa pelayanan yang menawarkan pelatihan pengembangan diri untuk seseorang. Seperti misalnya jasa PT Kubik Kreasi Sisilain yang menawarkan orang – orang untuk menggali potensi diri sendiri dalam hal personal mastery, meningkatkan productivity dalam bekerja dan sebagainya.

Apa manfaat personal development di dunia kerja?

Mengingat arti personal development adalah pengembangan diri sendiri, maka hal ini sangat berhubungan penting dalam menunjang karir seseorang di tempat bekerja.  Terlebih lagi, pihak HRD (Human Resource Department) biasanya akan memberikan pelatihan mengenai pengembangan diri setiap karyawan dengan tujuan untuk memaksimalkan cara bekerja di suatu perusahaan. Namun, tahukah leader mengenai manfaat personal development itu sendiri?

  • Mampu memahami kekuatan yang dimiliki diri sendiri.
  • Mampu memahami sisi kelemahan yang dimiliki diri sendiri.
  • Mampu meningkatkan rasa kepercayaan pada diri sendiri.
  • Lebih paham mengenai arti kedisiplinan dalam kehidupan.
  • Mendorong motivasi dalam diri sendiri untuk mewujudkan cita – cita.
  • Dapat memahami rasa takut dan khawatir yang sering dialami diri sendiri.
  • Mampu mengatasi dampak stres yang dialami karena tuntutan pekerjaan dari atasan.
  • Lebih mudah dalam menyesuaikan diri sendiri terhadap lingkungan pekerjaan baru.
  • Meningkatkan kreativitas dan inovasi yang tumbuh dalam diri sendiri, sehingga berpeluang untuk menunjang karir di masa depan.
  • Mampu bersaing dengan para pekerja lain di perusahaan.

Penting diketahui para leader bahwa personal development adalah suatu bekal terpenting bagi diri sendiri untuk bisa menunjang karir di masa depan. Dengan adanya pengembangan dalam diri sendiri, maka leader akan mampu bekerja dengan baik dan terstruktur sesuai dengan arahan dari atasan. Oleh karena itu, leader perlu untuk melakukan pelatihan pengembangan diri sendiri agar mendapatkan keuntungan di dunia kerja nantinya.