RETAINING adalah sebuah proses dimana talent yang telah memiliki potensi dan kompetensinya sudah teruji, performanya bagus, dijaga agar terus tumbuh dan semakin baik dalam jangka panjang. Setelah people development dijalankan, tahap berikutnya adalah memberikan peluang pada yang bersangkutan apa yang ia ingin raih baik dalam waktu dekat maupun masa yang akan datang, tentunya disesuaikan dengan kepentingan dan kemampuan organisasi.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pada program retain, seperti memberikan award atau hadiah atas prestasi yang telah diraih, memberikan mentor dan coach yang paling tepat agar performanya meningkat berkali kali lipat dan diumumkan akan diproyeksikan menjadi leader di masa yang akan datang.

Pada proses retaining organisasi perlu mempertimbangkan fasilitas-fasilitas yang lebih bermanfaat dan lebih baik untuk talent agar semangatnya semakin terpicu. Atau bisa juga dengan memberikan pekerjaan baru yang lebih menantang agar seluruh potensi yang ada pada dirinya bisa dikerahkan maksimal.

Develop people, evaluating dan retaining adalah sebuah proses yang berkesinambungan, dan dilakukan terus menerus. Tetapi bukan berarti setelah selesai satu program, baru dapat dijalankan program lainnya. Bisa saja dalam satu kesempatan, 3 program dilaksanakan bersamaan, baik developing, evaluating, maupun retain. Tinggal dilihat di saat tersebut, mana yang menjadi concern utama dan mengambil porsi terbesar, apakah developing, evaluating atau retaining.

Salam SuksesMulia!
@atokaryanto

#LeadForImpact
#PowerfulTrainers
#Training
#Coaching
#Consulting

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends