Kubik Leadership / Lead For Impact

Jika Anda saya minta untuk secara cepat menghitung brapa 20 dikali 3, saya yakin Anda mampu menjawabnya dengan mudah tanpa berpikir panjang. Namun bagaimana jika soal yang sama, saya tanyakan pada Anda saat Anda duduk di bangku kelas 1 SD. Tentu Anda akan kesulitan menjawabnya.
Permasalahan nya bukan terletak pada soal yang diberikan. Soal itu tidak sulit. Masalahnya ada pada kemampuan kita yang belum mampu menjawab soal tersebut.

Begitu juga dalam kehidupan, seringkali orang mengeluh karena merasa memiliki masalah yang besar. Namun benarkah apa yang dialaminya sebuah masalah?

Berdasarkan analogi saya sebelumnya. Apa yang dialami seseorang dalam hidupnya bukanlah masalah itu sendiri. Masalahnya ada pada kemampuan kita yang belum mampu menyelesaikan masalah tersebut.

Lalu apa yang kita alami itu disebut dengan apa? Semua hal yang terjadi dalam hidup kita baik itu hal baik atau buruk, itu hanyalah sebuah realita. Ya benar hanya realita. Realita tersebut akan disikapi menjadi masalah jika kemampuan kita dibawah realita tersebut.

Jadi, jangan terburu-buru mengatakan “ini masalah”. Jika Anda mengalami kesulitan, ini momen bagi Anda untuk belajar meningkatkan kapasitas diri. Dengan begitu Anda akan naik kelas dan siap untuk menyelesaikan masalah masalah yang lebih besar dan Anda akan tertawa melihat masalah yang dulu pernah Anda alami karena terasa begitu kecil.

Ingat Allah sudah menjanjikan tidak akan membebani suatu kaum dengan ujian melebihi kemampuan kamu itu sendiri.

Salam SuksesMulia!
Andra Donatta

#KubikLeadership
#LeadForImpact
#PowerfulTrainers
#Training
#Coaching

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends