Kubik Leadership / Lead for Impact

Ketika Anda merekrut anggota tim baru, apa prioritas Anda? Apakah fokus pada tugas tujuan tahun pertama kepadanya? Ataukah memahami kekuatan dan minatnya sehingga Anda bisa memberinya tugas yang akan ia nikmati?

Misalkan dalam proses tersebut Anda dihadapkan untuk memilih kandidat potensial calon tim yang Anda pimpin.

Yang pertama kemampuan dan skillnya diatas rata rata, hanya dia memiliki kelemahan sebagai pribadi yang seenaknya sendiri dan sulit untuk diatur. Sedangkan yang lain kebalikannya, memiliki kemampuan adaptasi dan Kerjasama yang tinggi, tetapi prestasi kinerjanya biasa biasa saja.

Jadi memilih yang mana? Bingung juga untuk memutuskannya ya..

Memang tidak ada satu gaya kepemimpinan yang terbaik untuk semua situasi, tetapi perlu juga memahami apa pendekatan alami Anda, sehingga dapat menentukan dan mengembangkan mereka sesuai dengan gaya managemen atau kepemimpinan Anda.

Disamping itu penting untuk memahami ini, agar dikemudian hari dapat mengidentifikasi cara untuk mencapai posisi target manajer tim yang lebih tinggi.

Managerial Grid yang dikembangkan oleh Blake & Mouton membantu untuk memikirkan gaya kepemimpinan dan pengaruhnya terhadap produktivitas dan motivasi tim Anda.

Model ini mengusulkan ketika kepedulian terhadap orang dan hasil tinggi, keterlibatan karyawan dan produktivitas kemungkinan akan sangat baik. Model ini awalnya mengidentifikasi lima gaya kepemimpinan yang berbeda berdasarkan kepedulian terhadap orang-orang dan kepedulian terhadap produktfitas antara lain sbb :

 

Improverished Management

Gaya kepemiminan ini cenderung memberi karyawan kebebasan untuk memecahkan masalah tertentu, ini akan mempengaruhi produktifitas untuk sementara waktu.

 

Country Club Management

Dalam gaya kepemimpinan ini, para pemimpin hanya ingin “disukai” oleh karyawan mereka dan mereka tidak ingin dianggap terlalu otoriter. Biasanya yang ini memiliki kelemahan dimana produktivitas rendah karena kurang kontrol dan arahan.

  BAGAIMANA MEMUTUSKAN DENGAN TEPAT?

 

Authority-Compliance Management

Pemimpin dalam gaya kepemimpinan ini sepenuhnya terfokus pada orientasi tugas. Karena produksi adalah titik fokus utama pemimpin, ia cenderung mengabaikan kesejahteraan para karyawan. Dalam situasi krisis seperti ini diperlukan. Misalnya ketika tindakan tidak populer diambil seperti pengurangan atau reorganisasi.

 

Team Management

Pemimpin gaya kepemimpinan ini menekankan kepada pencapaian tugas namun tidak melalaikan kebutuhan dari orang-orang yang dipimpinnya. Anggota team yang memahami tujuan organisasi, bekomitmen, dan mau ambil bagian dalam keberhasilan organisasi dengan sendirinya akan peduli terhadap pencapaian tugas-tugas yang dipercayakan kepadanya.

 

Middle of the Road Management

Pemimpin di gaya kepemimpinan ini mempertahankan keseimbangan antara kebutuhan orang-orang dan produksi. Pemimpin mendapatkan nilai rata-rata pada kedua kriteria.

Kembali pada pilihan dari kedua kandidat tersebut diatas, Jika gaya magemen kepemimpinan Anda Authority-Compliance Management, maka yang Anda pilih adalah yang memiliki memiliki adaptasi dan Kerjasama tinggi. Karena Anda adalah ahlinya dan memiliki kemampuan dalam membantu dia dalam memperbaiki dan meningkatkan skill dan performace karirnya.

Jadi Anda termasuk yang mana?

Selamat bertumbuh!

Salam SuksesMulia

Atok R. Aryanto
Business Practitioner and Coach