Kubik Leadership / Lead for Impact

Mari kita buka penghujung Januari 2020 ini dengan melakukan refleksi diri terkait seberapa kuat kita telah memulai tahun ini. Apakah kita telah memulainya dengan ‘mode pengaturan’ yang kuat, atau justru sebaliknya?

Disadari maupun tidak, apa yang telah kita lakukan sejak awal tahun hingga saat ini bisa menjadi standard yang selanjutnya menjadi kebiasaan yang berulang-ulang akan kita lakukan. Setidaknya hingga fase review terdekat dilakukan. Dan menariknya lagi, ketika kita adalah seorang pemimpin, kebiasaan yang kita lakukan tidak hanya berdampak pada diri kita sendiri, melainkan juga kepada tim yang kita pimpin. Lalu ujung akhirnya adalah, kebiasaan ‘berjamaah’ yang kita pimpin itu akan menentukan pada seberapa efektif kita dalam menjalankan rencana kerja yang berujung pada pencapaian target-target yang melekat pada tim kita.

Lantas bagaimana cara untuk kita mengetahui seberapa baik kita telah melakukan pembiasaan sebagai seorang pemimpin?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencermati kinerja tim Anda, dan yang tak kalah penting adalah Anda mencermati kinerja diri Anda. Karena sangat mungkin bahwa akar kinerja tim Anda adalah kinerja Anda sebagai pemimpin mereka. Maka cermatilah diri dan tim Anda, dan berikan penilaian secara jujur sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang betul-betul riil dan obyektif.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan alat bantu berupa seperangkat pertanyaan untuk Anda ajukan sembari melakukan pengamatan. Sebagai contoh seperti pertanyaan-pertanyaan yang telah kami siapkan untuk Anda gunakan, baik ketika Anda mencermati anggota tim Anda dan juga mencermati diri Anda sendiri.

Bagaimana, Anda sudah siap untuk memulainya? Ini dia sejumlah pertanyaan yang telah kami siapkan untuk Anda!

I. Daftar Pertanyaan untuk Anggota Tim

II. Daftar Pertanyaan untuk Anda sebagai Pemimpin

Bagaimana, Anda sudah selesai membaca daftar pertanyaan di atas? Saran saya, cerna dan cermatilah setiap pertanyaan dengan sungguh-sungguh. Berikanlah respon yang betul-betul mewakili atas apa yang terjadi saat ini.

Setelah selesai memberikan respon, cermatilah pola respon yang Anda berikan. Jika Anda memberikan respon mengarah ke kanan (skala 4 dan 5), bersyukurlah karena ini bisa menjadi indikasi bahwa Anda telah menampilkan pembiasaan yang efektif dan kuat di awal tahun ini. Anda telah menampilkan perilaku memimpin diri sendiri dan memimpin anggota tim dengan baik. Mulai dari menunjukkan perilaku bersedia belajar dan melakukan hal yang berbeda, hingga kuatnya Anda dalam mengawal eksekusi rencana kerja di tim yang Anda pimpin.

Sebaliknya, jika pola respon yang Anda berikan mengarah ke kiri (skala 1 dan 2), maka berhati-hatilah. Bisa jadi ini menjadi early warning untuk Anda, bahwa Anda belum memberikan pembiasaan yang efektif untuk tim Anda. Cermati lebih dalam, pada poin-poin manakah yang perlu untuk segera Anda benahi. Apakah poin-poin yang terkait dengan memimpin diri Anda sendiri, atau poin-poin memimpin orang lain? Jika sudah, jangan tunggu lagi, segera lakukan perbaikan sesegera mungkin.

Lantas bagaimana jika pola respon yang muncul berada di area tengah (kebanyakan di skala 3)? Hmm… ini pun sejatinya bisa menjadi teguran ringan bagi Anda. Artinya, Anda masih menampilkan pembiasaan yang setengah-setengah. Hati-hati, jika ini berlanjut maka bukan tidak mungkin bahwa respon anggota tim Anda bergeser menjadi ke arah kiri (skala 1 dan 2). Jika ibaratnya sekarang pepatah yang berlaku adalah “Buah jatuh tak jauh dari pohonnya”, maka bisa jadi nanti arah pepatahnya berubah menjadi, “Guru kencing berdiri, murid kencing berlari.” Wuiihhhh…semoga ini tidak terjadi ya.

Nah, itulah tadi secuplik potret terkait pembiasaan yang telah Anda bentuk di dalam tim Anda. Semoga apa pun hasilnya, bisa menjadi pelecut semangat untuk Anda segera berbenah dan menyetel ‘mode pengaturan’ yang maksimal. Hingga nanti di akhir tahun 2020 nanti Anda beserta tim dapat sama-sama tersenyum bangga atas pencapaian terbaik yang diraih oleh tim dan organisasi Anda!

Salam bertumbuh, salam SuksesMulia!

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends