Andra DonattaBy : Andra Donatta

Pikiran kita ibarat mesin waktu yang mampu membuat seseorang berpindah dari satu kondisi ke kondisi lain di waktu yang berbeda.

Jika pikiran membawa kita kepada kejadian di masa lalu yang pernah terjadi dalam hidup, biasanya orang menyebut dengan PENGALAMAN.

Jika pikiran membawa kita kepada hal hal yang belum pernah terjadi dalam hidup, biasanya orang menyebut dengan IMAJINASI.

PENGALAMAN dapat mewujud dalam bentuk kenangan atau ingatan, baik itu yang manis atau pahit sekalipun.

Sedangkan IMAJINASI dapat mewujud dalam bentuk impian, harapan dan angan angan, baik sesuatu yang kita inginkan atau tidak kita inginkan untuk terjadi.

PENGALAMAN dan IMAJINASI keduanya diperlukan untuk menjalani kehidupan karna keduanya penentu kebiasaan dan tindakan yang kita ambil yang pada akhirnya menentukan masa depan seseorang.

Pertanyaannya, bagian manakah diantara PENGALAMAN maupun IMAJINASI yang menentukan baik pola pikir, pola rasa maupun perilaku kita?

[nextpage]

Jawabannya adalah pada bagian :

PEMAKNAAN

Ya, makna atau arti yang kita gunakan dari pengalaman atau imajinasilah yang menentukan kualitas seseorang. Maka bukan soal pengalaman baik atau buruk. Bukan soal imajinasi baik atau buruk. Tapi soal makna yang digunakan dari kejadian tersebutlah yang paling penting.

Pengalaman Vs Imajinasi

Apa itu PEMAKNAAN ?

Secara sederhana orang sering menyebutnya dengan hikmah. Hal ini terbentuk dari value (nilai diri) yang paling dalam dari diri kita. Kualitas pemaknaan setiap orang berbeda, tergantung kualitas nilai yang tertanam di diri seseorang.

Pemaknaan yang baik memiliki ciri utama yaitu apapun maknanya, hal tersebut mampu membuat seseorang merasa berdaya dalam hidupnya. Ia ambil tanggung jawab dari setiap kejadian dan tidak meletakkan dirinya sebagai korban.

Kesimpulannya, apapun pengalaman yang anda alami akan baik bagi kita jika kita pandai dalam memaknainya. Begitu pula apapun imajinasi yang sering terlintas dipikiran, akan baik hasilnya jika diberikan makna terbaik.

So, makna apa yang kau ambil dari tulisan ini?
#Today’sHope

Dapatkan artikel lain di :
www.andradonatta.com

 

 

Informasi training: hubungi Mona di 021-29-400-100 atau 0816-1615-3-16

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends