Proaktif

 

Oleh Jamil Azzaini, CEO Kubik Leadership

Salah satu kebiasaan orang sukses adalah proaktif. Bahkan Stephen Covey dalam bukunya The 7 Habits of Highly Effective People, menempatkan proaktif sebagai kebiasaan pertama dari tujuh kebiasaan orang-orang yang berhasil. Kata proaktif bukan hanya bermakna mengambil inisiatif tetapi di dalamnya ada juga tanggung jawab, aktif bertindak, dan memegang prinsip.

Di era yang berubah begitu cepat saat ini, kita wajib memiliki kebiasaan proaktif. Segera menentukan pilihan yang ada di depan mata dengan penuh tanggung jawab. Selalu aktif bertindak khususnya pada hal-hal yang dibawah kekuasaan atau pengaruhnya dan berpikir positif di luar hal yang kita tidak memiliki pengaruh sedikitpun.

Terpilihnya Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, tentu itu bukan dibawah kekuasaan atau pengaruh kita maka berpikirlah positif dan mengambil langkah-langkah antisipatif yang kemungkinan terjadi. Tetapi melakukan pekerjaan sesuai job description itu ada di ranah kekuasaan atau pengaruh kita, dalam kondisi ini jadilah manusia yang bertanggungjawab dengan cara aktif bertindak dengan berpegang kepada prinsip hidup yang diyakininya.

Kata lain proaktif adalah menjemput bola, bukan berdiam diri. Sesuatu yang bisa kita kerjakan, bila tidak melanggar prinsip yang ada segera kerjakan, jangan ditunda-tunda. Orang yang proaktif akan segera enter (masuk) mengerjakan yang bisa dikerjakan, bukan terlalu sering