Tantangan Baru dalam Dunia Bisnis, Bagaimana Menyikapinya?

Bagi Anda yang menjalankan profesi sebagai pebisnis, tahun 2015 merupakan tahun yang cukup berat untuk dilewati.

Kondisi perekonomian yang sulit membuat daya beli masyarakat semakin menurun. Hal ini menyebabkan banyak bisnis yang tumbang di tengah jalan karena keuntungan yang diperoleh tidak mampu menutup biaya produksi.

Diberlakukannya MEA 2015 juga membuat persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Para pebisnis harus memutar otak agar pelanggan mereka tidak direbut oleh pasar dari luar negeri.

Tak hanya itu, seiring dengan meningkatnya perkembangan teknologi, kini masyarakat juga lebih melek internet. Semua bisnis yang berbasis online lebih laku di pasaran karena lebih mudah diakses dengan harga lebih terjangkau.

Lantas, apa sebaiknya yang harus dilakukan pebisnis untuk menyikapi berbagai tantangan tersebut?

[nextpage title=”Beradaptasi”]

1. Beradaptasi
Bisnis apapun suatu saat pasti akan mengalami pasang surutnya. Kondisi zaman yang begitu cepat berubah membuat kita mesti waspada jika sewaktu-waktu harus menyesuaikan diri dengan perubahan itu. Untuk itu, para pelaku bisnis dituntut untuk mampu beradaptasi secepat perubahan itu terjadi.

[nextpage title=”Perbarui Strategi”]

2. Perbaharui Strategi
Sebaik apapun strategi yang kita miliki sekarang belum tentu akan bisa diterapkan kembali di tahun-tahun mendatang. Bahkan ilmu yang paling terbarukan saat ini bisa jadi beberapa tahun kemudian menjadi barang usang. Untuk itu, para pebisnis harus selalu update ilmu dari berbagai sumber, seperti mengikuti seminar, workshop, komunitas, dan lain-lain.

[nextpage title=”Konsistensi”]

3. Konsistensi
Sepeda hanya akan bisa berjalan jika kita terus mengayuh pedalnya. Begitu pula dengan bisnis. Adakalanya seseorang ingin menghentikan laju bisnisnya karena tantangan yang begitu besar. Padahal, jika ia berhenti akan ada tantangan yang lebih besar lagi, yaitu memulai bisnisnya dari nol. Untuk itu, berkomitmenlah untuk selalu konsisten menjaga bisnis Anda meski dalam keadaan paling sulit sekalipun.

[nextpage title=”Pelatihan SDM”]

4. Pelatihan SDM
Untuk menghadapi tuntutan pasar yang semakin besar, diperlukan SDM yang benar-benar handal mengelola bisnis yang Anda jalankan. Karenanya, penting bagi Anda untuk memberikan training atau pelatihan rutin bagi setiap karyawan, agar kualitas SDM semakin meningkat. Kubik Training memiliki berbagai modul pelatihan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, sudah siapkah menjawab tantangan baru yang siap menyambut Anda di depan?

 

Informasi training: hubungi Mona di 0816-1615316 atau 021-29400100

Subscribe Video Motivasi Jamil Azzaini di Youtube Channel Kubik Training

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends