KUBIK LEADERSHIP / Lead for Impact

Mengingat persaingan bisnis di segala bidang industri terbilang cukup ketat, maka pebisnis perlu untuk mencari inovasi baru untuk mempertahankan bisnis yang dijalankan di pasaran. Selain itu, bagi leader juga perlu untuk memperhatikan mengenai pelatihan dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) yang digunakan. Alasan utama mengapa hal ini perlu dilakukan lantaran kemajuan perusahaan juga bergantung pada kualitas SDM yang dimiliki. Jika kualitas SDM yang dimiliki bagus, maka peluang bisnis perusahaan untuk unggul dari kompetitor lain akan semakin mudah dicapai begitupun sebaliknya. Terlepas dari hal itu, leader juga penting untuk mengetahui mengenai apa itu tujuan pelatihan dan pengembangan SDM bagi karyawan di perusahaan.

Jenis – jenis pelatihan dan pengembangan bagi karyawan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tujuan pelatihan dan pengembangan, ada baiknya leader mengetahui jenis – jenis pelatihan dan pengembangan yang tepat bagi karyawan di bawah ini :

  • Onboarding : pelatihan dan pengembangan yang khusus diberikan untuk menyambut karyawan baru (start employee) dengan tujuan mengenalkan mengenai seluk beluk perusahaan.
  • Manajemen risiko : pelatihan dan pengembangan yang digunakan untuk meminimalisir risiko yang terjadi di perusahaan.
  • Manajemen keahlian : pelatihan dan pengembangan yang dilakukan untuk mengenalkan kemampuan / keahlian yang dimiliki oleh karyawan.
  • Perencanaan karir : pelatihan dan pengembangan yang umumnya didasarkan pada minat dan ambisi masing – masing karyawan.
  • Manajemen pengetahuan : pelatihan dan pengembangan yang dilakukan perusahaan untuk memberikan pengetahuan dari karyawan senior ke karyawan junior.
  • Pengalaman : pelatihan dan pengembangan yang diberikan kepada karyawan untuk merasakan langsung mengenai pengalaman yang bermanfaat untuk karirnya di masa depan.
  • Diklat : pelatihan dan pengembangan yang diberikan kepada karyawan untuk mendapatkan kesempatan mengambil pendidikan lanjutan di luar perusahaan.

Apa saja tujuan pelatihan dan pengembangan SDM bagi karyawan? 

Pada prinsipnya, pelatihan dan pengembangan SDM bagi karyawan perusahaan ini memiliki beberapa tujuan penting, di antaranya sebagai berikut :

  • Dapat memperbaiki keahlian diri karyawan seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Hal ini penting agar kualitas productivity di perusahaan dapat ditingkatkan lebih baik lagi.
  • Mampu membantu memecahkan setiap permasalahan perusahaan dengan cepat dan tepat.
  • Lebih kompeten dalam melakukan pekerjaan sesuai arahan.
  • Dapat memberikan arahan kepada setiap karyawan terhadap organisasi yang dibentuk dalam perusahaan itu sendiri.
  • Mampu meningkatkan kemampuan yang dimiliki setiap karyawan dalam melaksanakan pekerjaan, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal.
  • Terbukti mampu meningkatkan segi profesionalisme karyawan dalam mengerjakan pekerjaan secara disiplin dan tepat sesuai arahan.

Untuk memberikan pelatihan dan pengembangan bagi karyawan ini, leader bisa mempercayakan kepada jasa pelatihan di PT Kubik Kreasi Sisilain. Dengan mengunjungi alamat website di www.kubikleadership.com dan melihat berbagai pelatihan yang diberikan, maka leader sudah berpeluang untuk meningkatkan SDM karyawan untuk kemajuan perusahaan. Sehingga, tujuan pelatihan dan pengembangan SDM ini dapat dicapai oleh perusahaan itu sendiri.