KUBIK LEADERSHIP / Lead for Impact

Bagi sebagian besar orang yang bekerja di perusahaan – perusahaan tertentu, dalam melakukan pekerjaan setiap hari tentu memiliki motivasi yang berbeda – beda dalam diri sendiri, bukan? Meskipun sama – sama mendapatkan pelatihan dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) di perusahaan, namun motivasi setiap orang dalam bekerja tentu saja tidak sama.Apalagi ketika leader pertama kali mendaftar pekerjaan di perusahaan yang kini menjadi tempat bekerja selama bertahun – tahun, tentu saja pihak HRD sering menanyakan mengenai ‘motivasi Anda dalam bekerja’ di perusahaan tersebut, bukan?  Pertanyaan ini terkadang menjadi jebakan bagi calon karyawan yang akan melamar pekerjaan di perusahaan tertentu. Oleh karena itu, penting bagi leader untuk mengenali lebih dalam mengenai motivasi diri sendiri dalam bekerja.

Jenis – jenis motivasi kerja bagi karyawan

Secara umum, pertanyaan mengenai ‘motivasi Anda dalam bekerja’ biasanya akan mengarah pada suatu alasan apa yang mendorong leader memilih bekerja di perusahaan tersebut. Biasanya, calon karyawan baru (start employee) akan menjawab pertanyaan dari HRD tersebut dengan berbagai jenis jawaban seperti berikut ini :

  • Mendapatkan gaji bulanan untuk keperluan tertentu

Rata – rata motivasi orang bekerja di perusahaan tertentu yakni untuk mendapatkan gaji bulanan yang dapat memenuhi kebutuhan diri sendiri dan juga keluarga. Seperti misalnya untuk membayar cicilan rumah, memenuhi kebutuhan sehari – hari, membeli alat transportasi tertentu dan lain – lain.

  • Menginginkan karir yang cemerlang di masa depan

Tidak hanya mengenai gaji semata, orang – orang yang bekerja di perusahaan juga biasanya menginginkan untuk mendapatkan peluang karir yang menjanjikan di masa depan. Dengan motivasi yang kuat dalam diri sendiri, maka seseorang akan bersaing kepada karyawan lain untuk mencapai karir yang diimpikan di perusahaan tersebut.

  • Peluang untuk berkarya

Maksud dari motivasi ini yakni seseorang akan memberikan ide – ide kreatif bagi perusahaan untuk menciptakan suatu produk atau jasa layanan yang berbeda dari yang lain. Sehingga, orang tersebut tidak hanya semata – mata untuk mengerjakan pekerjaan tertentu namun juga mampu berkontribusi dalam menuangkan ide – ide cemerlang untuk kemajuan perusahaan.

  • Sekadar mencari pengalaman

Kebanyakan orang yang mendaftar pekerjaan di perusahaan tertentu akan menjawab pertanyaan HRD ‘motivasi Anda dalam bekerja’ dengan jawaban sekadar mencari pengalaman. Meskipun terdengar sangat umum, namun hal ini dapat dijadikan sebagai pengalaman terbaik ketika leader melamar pekerjaan di tempat lain.

  • Niat beribadah

Orang yang bekerja biasanya melakukan hal ini karena niat dalam diri untuk beribadah kepada Sang Pencipta. Sebab, orang – orang tersebut bekerja lantaran ingin menafkahi kebutuhan keluarga dan juga dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

Terlepas dari pertanyaan mengenai ‘motivasi Anda dalam bekerja’, perusahaan juga penting untuk memberikan pelatihan dan pengembangan SDM bagi karyawan tersebut untuk meningkatkan motivasi dan kinerja bagi kemajuan perusahaan. Berbicara soal pelatihan dan pengembangan, leader bisa memilih jasa layanan PT Kubik Kreasi Sisilain dengan menghubungi nomor telepon di PT 082 111 999 022 atau (021) 781 3030.

Di jasa layanan ini, baik pemimpin maupun karyawan akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan berkualitas mengenai essential leadership, exponential leadership, team leadership, business leadership, organizational leadership dan lain – lain mengenai perusahaan.