Apa Manfaat Aktivitas Anda?

/, Motivasi Jamil Azzaini/Apa Manfaat Aktivitas Anda?

Apa Manfaat Aktivitas Anda?

Kubik Leadership / Lead for Impact

Guru kehidupan saya pernah bercerita, “Suatu saat Khalifah Abu Jafar Al Manshur didatangi seseorang. Orang itu berkata, “Aku akan memasukkan unta ke dalam lubang jarum. Bila aku betul-betul berhasil melakukannya, beri aku uang sebanyak seribu dinar (setara dengan 4,25 kg emas), pintanya.

Mendengar perkataan orang itu Khalifah Al Manshur menjawab, “Lakukanlah, bila kamu berhasil akan aku beri 1000 dinar ditambah 1000 cambukan”. Orang itu terkejut dan bertanya, “kenapa demikian?”. Sang khalifah menjawab, “karena kamu melakukan sesuatu yang tidak ada gunanya untuk kebaikan orang banyak”.

Kemudian guru kehidupan saya melanjutkan “dalam dunia bisnis dan training yang kamu tekuni, jangan pernah kamu melakukan sesuatu yang tiada guna meski itu tampak indah dimata pelangganmu”. Jleb…jleb…jleb…

Mendengar nasehat itu, saya teringat konsep dasar Blue Ocean Strategy: “turunkan cost dan naikkan value”. Sesuatu yang tidak memberikan manfaat dan tidak penting untuk pelanggan wajib dihilangkan atau setidaknya dikurangi. Sementara sesuatu yang bisa meningkatkan value bagi pelanggan maka wajib ditingkatkan, bahkan bila belum ada wajib diciptakan.

Untuk itu, sebelum kita melakukan suatu aktivitas kita perlu mengajukan pertanyaan pada diri sendiri agar apa yang kita lakukan penuh arti. Apa pertanyaan mendasar itu?

Pertama, mengapa saya melakukan ini?
Kedua, apa manfaatnya aktifitas ini untuk saya?
Ketiga, apa pula manfaatnya untuk orang lain?
Keempat, apa dampak jangka panjang yang positif dari aktivitas ini?
Kelima, apa dampak negatif yang muncul dari aktivitas ini?

Mari kita biasakan mengajukan lima pertanyaan tersebut sebelum melakukan aktivitas. Menjawab 5 pertanyaan tersebut penting dilakukan oleh siapapun, apalagi bila kita seorang pemimpin, dimana perilaku kita akan menjadi inspirasi dan dicontoh oleh orang-orang yang kita pimpin.

  Ikigai: Kunci Bekerja Enjoy dan Panjang Umur

Selamat merenungkan jawaban atas 5 pertanyaan tersebut di atas baik untuk aktivitas Anda saat ini maupun yang hendak Anda lakukan?

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer

 

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends
2018-09-19T12:04:47+00:00 September 6th, 2018|Tags: , , , |

Leave A Comment