Usai lebaran hingga hari ini, hampir setiap hari saya berjumpa dengan para pimpinan perusahaan ternama yang menjadi cilent Kubik Leadership. Selain itu, saya juga diundang beberapa pengusaha yang sedang naik daun.

Dari pertemuan dan diskusi tersebut, ternyata ada pola yang seirama mengapa seseorang mendapatkan rezeki nomplok alias rezeki tanpa diduga. Bisa jadi rezeki dalam bentuk harta yang berlimpah maupun karir yang cemerlang.

Menurut saya, ada tiga pola yang menonjol yang melekat pada orang-orang yang sering mendapatkan rezeki nomplok.

Pertama, senang melakukan hal baru. Melakukan hal baru ada kemungkinan gagal namun juga ada peluang untuk berhasil. Saat kita melalukan 10 hal baru maka ada kemungkinan kita gagal semua, gagal sebagian, berhasil sebagian atau berhasil semua.

Sementara apabila kita tidak melakukan hal baru maka peluang untuk mendapatkan sesuatu dari yang baru adalah nol. Orang-orang yang mendapatkan rezeki nomplok senang mencoba hal baru. Rezeki nomplok tidak datang begitu saja, ia perlu kesiapan. Dan kesiapannya adalah mencoba hal yang baru.

Apa hal baru yang Anda lakukan pada bulan ini?

Kedua, senang membangun relasi. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa pengambilan keputusan tidak selalu didasarkan karena kekuatan proposal atau konsep yang ditawarkan. Justeru hal terbesar yang mempengaruhi pengambilan keputusan adalah adanya hubungan dan interaksi sebelumnya. Semakin sering atau semakin banyak interaksi akan memperbesar peluang memenangkan persaingan bisnis atau karir di perusahaan.

Dalam bahasa agama, silaturahmi melapangkan rezeki. Apakah asal silaturahmi? Jawabnya, tidak. Menurut Prof Richard Wiseman dalam bukunya The Luck Factor: Changing Your Luck, Changing Your Life (2003) menjalin relasi terbaik adalah menjalin relasi dengan orang yang berpotensi mendatangkan keberuntungan. Dalam bahasa bisnis, menjalin relasi dan komunikasi dengan target market dan komunitasnya.

TApakah bulan ini Anda sudah menjalin silaturahmi dengan orang yang berpotensi mendatangkan keberuntungan?

Ketiga, memiliki HOPE yang tinggi. Menurut Shane J. Lopez, pengarang buku Making Hope Happen (2013), hope adalah keyakinan akan masa depan yang lebih baik dari saat ini dan perasaan berdaya untuk mewujudkannya dengan mengantisipasi segala kemungkinan.

Orang-orang yang sering mendapat rezeki nomplok ternyata memiliki hope yang tinggi. Dimana mereka sangat yakin akan masa depannya (sense of goal), memiliki perasaan yang sangat berdaya (sense of agency) dan selalu mampu mengantisipasi segala kemungkinan (sense of pathways).

Bagi Anda yang ingin mendalami bagaimana cara kerja Hope sehingga berpeluang mendapatkan rezeki nomplok silakan berguru dengan pakar Hope di Indonesia, Andra Donatta. Beliau akan berbagi ilmunya pada 13 Juli 2019. Hubungi segera 082-111-999-022 atau 021-29400100.

So, Anda ingin sering mendapat rezeki nomplok? Bila mau, senanglah melakukan hal baru, senang membangun relasi dan memiliki hope yang tinggi. Cobalah.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends