fbpx

Kubik Leadership

Pengertian Inhouse Training dan Bentuk Pelaksanaannya

Contoh Program Inhouse Training 2

Di era globalisasi dan kompetisi bisnis yang semakin ketat, pengembangan sumber daya manusia menjadi sangat penting. Salah satu pendekatan yang paling efektif adalah melalui inhouse training. Karena di dunia bisnis saat ini, perusahaan perlu memiliki kemampuan beradaptasi secara baik di segala bidang  terutama di sisi kepemimpinan, untuk membawa perusahaan tetap eksis dan melangkah maju.

Apa itu Inhouse Training?

Inhouse training adalah jenis pelatihan yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan, di dalam lingkungan perusahaan, biasanya untuk karyawan mereka sendiri. Ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan kerja karyawan, termasuk pengembangan kepemimpinan. Perusahaan-perusahaan di seluruh dunia semakin menyadari pentingnya memiliki pemimpin yang efektif, dan in-house training menjadi solusi yang lebih terjangkau dan terfokus dibandingkan dengan mencari pemimpin di luar.

Fokus Inhouse Training

Terdapat berbagai tema atau bidang yang menjadi fokus perhatian dari program inhouse training saat ini, yang sangat bergantung pada sumber daya penyedia jasa inhouse training maupun kebutuhan dari pihak peminat training. Dalam perkembangannya, yang menjadi fokus perhatian dan layanan inhouse training sekarang ini antara lain:

  • Fokus pada Kepemimpinan

Salah satu tren utama dalam inhouse training dewasa ini adalah peningkatan fokus pada pengembangan kepemimpinan. Perusahaan menyadari bahwa pemimpin yang kompeten adalah aset berharga, dan mereka berinvestasi dalam pelatihan kepemimpinan untuk membentuk pemimpin yang efektif, visioner, dan berorientasi pada hasil.

  • Penyelarasan dengan Strategi Bisnis

Inhouse training tidak lagi dianggap sebagai kegiatan terpisah, tetapi sebagai bagian integral dari strategi bisnis. Perusahaan mengintegrasikan program pelatihan dengan tujuan strategis mereka untuk memastikan bahwa pemimpin yang berkembang akan mendukung visi dan misi perusahaan.

  • Pelatihan Berbasis Teknologi

Perkembangan teknologi telah memungkinkan perusahaan untuk menyelenggarakan in-house training dengan cara yang lebih efisien. Pelatihan berbasis teknologi seperti platform e-learning, webinar, dan pelatihan virtual semakin populer, memungkinkan akses pelatihan dari jarak jauh dan peningkatan efisiensi waktu.

  • Pendekatan yang Disesuaikan

Tidak ada pendekatan satu ukuran cocok untuk inhouse training. Perusahaan di seluruh dunia semakin mengadopsi pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Ini mencakup identifikasi keterampilan dan kompetensi yang diperlukan untuk setiap tingkat kepemimpinan dan menyusun program pelatihan yang sesuai.

  • Kolaborasi dengan Ahli Eksternal

Untuk memastikan keunggulan dalam in-house training, banyak perusahaan bekerja sama dengan ahli eksternal atau konsultan pelatihan. Ini membantu mereka mengakses pengetahuan terbaru dan praktik terbaik dalam pengembangan kepemimpinan.

  • Evaluasi dan Pengukuran

Perusahaan semakin menekankan pada evaluasi dan pengukuran dampak in-house training. Mereka ingin memastikan bahwa investasi dalam pelatihan menghasilkan hasil yang diinginkan. Evaluasi ini sering kali mencakup penilaian kinerja sebelum dan setelah pelatihan serta pengukuran perubahan dalam perilaku pemimpin.

Format Pelaksanaan Inhouse Training

Dalam pelaksanaannya inhouse training memiliki bermacam-macam bentuk atau format, tergantung pada kebutuhan dan sumber daya yang tersedia. Beberapa format yang paling sering diterapkan oleh jasa inhouse training antara lain:

  • Pelatihan Kelas: Ini adalah format yang paling umum, di mana para peserta menghadiri sesi pelatihan di dalam ruangan dengan seorang instruktur. Pelatihan ini dapat berlangsung dalam beberapa hari atau bahkan beberapa minggu, tergantung pada kompleksitas materi.
  • Sesiones Reaktif: Format ini melibatkan pemimpin yang baru atau calon pemimpin dalam situasi “reaktif” di mana mereka harus menghadapi skenario-skenario bisnis nyata dan mencari solusi. Ini membantu mereka mengembangkan kemampuan pemecahan masalah yang cepat.
  • Mentoring dan Coaching: Pemimpin senior atau konsultan eksternal dapat memberikan bimbingan individu kepada calon pemimpin. Ini membantu mereka menerapkan konsep-konsep yang mereka pelajari dalam konteks kerja mereka.
  • Proyek Kepemimpinan: Peserta diberikan proyek-proyek khusus yang memerlukan mereka untuk mengambil peran kepemimpinan. Ini membantu mereka mengalami tanggung jawab sebenarnya dan mengukur kemampuan mereka.
  • Simulasi Bisnis: Dalam format ini, peserta berpartisipasi dalam simulasi bisnis di mana mereka harus mengambil keputusan manajerial dan melihat dampaknya terhadap perusahaan dalam lingkungan yang aman.

Dalam perubahan lingkungan bisnis saat ini, perlukah sebuah perusahaan mengadakan inhouse training? Training seperti apa yang paling relevan saat ini untuk sebuah organisasi perusahaan?

Dalam dunia bisnis yang terus berubah, terutama di era digital kini, faktor kepemimpinan yang mampu beradaptasi dan menghadapi tantangan menjadi sangat penting. Oleh karenanya, inhouse training yang berfokus pada leadership training semakin diminati dan semakin dibutuhkan. Karena leadership training yang efektif akan membantu menciptakan pemimpin yang dapat:

  • Memahami tren industri dan pasar yang berubah.
  • Mengelola perubahan dengan baik dan menginspirasi tim.
  • Membangun budaya perusahaan yang inovatif dan berorientasi pada kinerja.
  • Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi antar tim.

Program inhouse training dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan sebuah perusahaan. Melalui beragam jenis pelatihan, tujuan yang jelas, dan berbagai format pelatihan yang tersedia, perusahaan dapat mengembangkan pemimpin yang tangguh dan siap menghadapi tantangan dunia bisnis yang terus berubah. Sehingga, investasi dalam program pelatihan untuk pengembangan kepemimpinan akan dapat membawa perusahaan lebih mampu bersaing di masa depan.

Layanan Inhouse Training Kubik Leadership

Kubik Leadership memiliki misi dalam setiap pelatihan yaitu  menghasilkan dampak nyata dalam meningkatkan produktivitas karyawan melalui metodologi pelatihan yang inovatif oleh para pelatih yang handal. Artinya Kubik bersungguh-sungguh, fokus dan berkomitmen penuh untuk menghasilkan dampak yang nyata dari setiap pelatihan yang kami selenggarakan.

Agar terjadi peningkatan produktivitas dari setiap peserta pelatihan dan peningkatan mampu terukur sehingga bisa dipertanggungjawabkan kepada klien.

Maka keterlibatan dan kolaborasi para trainer, konsultan dan modul development dalam menyusun modul dan metodologi yang paling tepat menyesuaikan permasalahan yang terjadi pada peserta dan merancang outcome yang diharapkan.

Dan kemudian menyajikannya secara sederhana, menarik dan menyenangkan, tidak hanya penyampaian pesan yang efektif, juga menggali ide gagasan, bahkan menuntun dengan piawai langkah demi langkah kepada para peserta untuk menguasai yang diajarkan.

Beberapa modul tentang leadership yang disusun oleh Kubik, diantaranya:

  • Essential Leadership Training
  • Team Leadership
  • Exponential Leadership
  • Business Leadership

Modul training selengkapnya

Penyebab Program Inhouse Training Tidak Efektif

Follow & like @kubikleadership 

Salam Sukses Mulia!



Leave a Reply

Open chat
1
Salam SuksesMulia,

Terima kasih telah mengunjungi Kubik Leadership - HR partners specializing in Leadership and Personal Development.

Ada yang bisa kami bantu untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda?

klik icon whatsapp dibawah ini.