KUBIK LEADERSHIP /Lead for Impact

Semakin sebuah perusahaan mempunyai SDM dengan kualitas yang baik dan hebat, pastinya akan produktivitas perusahaan akan semakin meningkat terlepas dari faktor-faktor yang lainnya. Untuk meningkatkan atau menambah kualitas SDM dan kinerjanya, tentu pihak perusahaan harus untuk mengadakan kegiatan training atau pelatihan kerja. Salah satu pelatihan yang bisa dan biasa dilakukan perusahaan untuk meningkat kualitas SDM adalah inhouse training.

Tapi, apa yang dimaksud dengan training atau pelatihan tersebut? Apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Lalu jasa in house training mana yang bagus? Nah untuk mendapatkan semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, leader bisa membaca dan menyimak pembahasan berikut sampai selesai.

Apa Itu Inhouse Training?

Program pelatihan dan pengembangan In-house atau yang sering di sebut inhouse training adalah suatu bentuk program pelatihan yang mana materi pelatihan, waktu dan tempatnya ditentukan sesuai dengan yang peserta atau perusahaan minta dan butuhkan. Biasanya pelatihan berbentuk in-house ini dilaksanakan perusahaan atau institusi atau dinas dalam rangka untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki di tempatnya.

Sebuah program training karyawan bisa dikatakan cukup penting untuk diberikan pada karyawan, staf lainnya ataupun pimpinan yang menjadi syarat legislatif, standar keselamatan kerja, kinerja dari industri ataupun persyaratan untuk pendidikan lanjutan. In house training courses akan sangatlah membantu dalam meningkatkan kualitas dari Sumber Daya Manusia yang menjadi eksekutor rencana, ide serta berbagai kegiatan perusahaan yang lain. Pelatihan ini pun akan mempunyai banyak manfaat untuk membantu SDM perusahaan di dalam mencapai titik yang maksimum dari semua potensi yang dimiliki sehingga bisa mendorong mereka untuk mencapai target yang telah perusahaan tentukan.

Ada beberapa pelatihan yang cukup sering perusahaan adakan. Misalnya in house project management training. Setelah perusahaan menentukan materi yang nantinya diberikan, seperti misal in house management training tersebut, maka pihak trainer akan menyusun materi yang sesuai dengan yang perusahaan penyelenggara minta. Lalu ada juga yang sering diadakan adalah in house sales training yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM pemasaran dan marketing.

Tentunya diadakannya program pelatihan karyawan mempunyai beberapa tujuan. Baik tujuan bagi karyawan maupun bagi perusahaan. Beberapa tujuan dari pelatihan tersebut menjadi manfaat yang sangat menguntungkan bagi perusahaan. Nah, apa saja manfaat tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya:

Manfaat In-House Training

  1. Meningkatkan kualitas dari SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki dan didayagunakan oleh perusahaan sehingga dapat mendukung target organisasi mencapai sasaran atau target yang sudah ditetapkan.
  2. Menciptakan interaksi di antara para peserta. Dengan begitu para peserta bisa untuk bertukar informasi sehingga bisa untuk menciptakan standarisasi kerja atau kinerja yang paling efektif, bagus dan terbaik untuk semua cabang perusahaan sehingga bisa berkembang secara merata dengan kualitas terbaik.
  3. Mengeratkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar karyawan sehingga lebih kompak dan tidak kaku untuk saling sharing, dengan begitu akan semakin menguntungkan perusahaan.
  4. Meningkatkan budaya belajar dan motivasi untuk bekerja yang berkelanjutan sehingga para karyawan dapat untuk mendapatkan solusi dari berbagai permasalahan yang timbul dengan lebih cepat. Dengan begitu, para karyawan tersebut dapat untuk belajar dari berbagai permasalahan tersebut.

Itulah beberapa tujuan pelatihan bagi perusahaan yang sekaligus menjadi manfaat yang akan didapatkan dari mengadakan pelatihan tersebut. Dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan itu, tentunya pelatihan untuk karyawan secara in-house adalah hal penting untuk dilakukan seperti yang sudah disebutkan di atas sebelumnya. Maka dari itu, mencari jasa training atau pelatihan in-house yang bagus dan berkualitas juga sangatlah penting. Hal itu supaya materi yang diberikan tidak hanya sesuai namun juga bisa diterapkan dengan baik.

Saat ini memang sangat banyak jasa pelatihan in-house untuk perusahaan yang berkembang. Namun, leader harus tetap cermat dalam memilih jasa pelatihan tersebut. Pilihlah yang sudah sangat berpengalaman, mempunyai kualitas bagus, mempunyai program-program yang handal dan pastinya terpercaya.

Tapi, adakah jasa pelatihan yang seperti itu? Tentunya saja ada dan bahkan cukup banyak. Namun, yang direkomendasikan untuk leader adalah Kubik Leadership.

Kubik Leadership, Jasa In-House Training Terbaik

Jasa pelatihan inhouse Kubik Leadership mempunyai cukup banyak program yang handal untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan. Program-program training dari Kubik Leadership mempunyai tujuan yang jelas dan materi yang dibuat pun disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan dari perusahaan. Adapun program-program serta tujuannya yang dimiliki oleh jasa pelatihan Kubik Leadership adalah sebagai berikut:

  1. Program Personal Mastery

Program ini mempunyai tujuan agar pesertanya bisa keluar dari zona nyamannya, kemudian berani mengambil alih kendali hidup, berani melangkah maju, dan mempunyai keyakinan diri untuk mampu meraih atau mencapai apa yang diinginkan dan tidak mudah mengeluh atau menyerah dengan keadaan.

  1. Program Productivity

Program ini bertujuan supaya peserta mempunyai keyakinan kuat serta kemampuan yang taktis di dalam meraih atau mencapai target kerja yang maksimal atau tinggi, serta mampu untuk mengatasi berbagai macam kendala atau masalah yang bisa untuk menghambat pencapaiannya.

  1. Program Star Employee

Tujuan dari program ini adalah agar peserta lebih terdorong untuk menginvestasikan pikiran, hati dan waktunya di dalam menghasilkan kerja yang terbaik.

  1. Program Essential Leadership

Program ini memiliki tujuan supaya peserta sebagai pimpinan kerja akan punya pola pikir serta mentalitas kepemimpinan secara tepat. Peserta juga mampu menampilkan perilaku dan sikap yang nantinya akan mendorong anggota timnya untuk memberikan dan menampilkan kinerja yang terbaik.

  1. Program Interpersonal Skill

Tujuan program ini adalah supaya peserta mampu untuk membangun hubungan yang harmonis dan setara, baik untuk level bawahnya maupun atasnya guna menciptakan hubungan kerja yang lebih positif serta produktif.

  1. Program Leveraging Multigeneration

Program ini bertujuan agar peserta mampu memahami karakter dari perbedaan generasi serta mampu dalam mengelolanya secara baik untuk bisa meningkatkan atmosfer kerja positif dan kinerja produktif.

  1. Program Exponential Leadership

Program yang satu ini memiliki tujuan untuk agar para peserta akan dan bisa menjadi pemimpin yang benar-benar dapat memimpin memberdayakan anggota tim untuk menciptakan masa depan dari bisnis yang lebih melejit.

  1. Program Team Leadership

Tujuan dari program ini adalah supaya peserta sebagai pimpinan dari tim akan mempunyai kemampuan di dalam mengelola berbagai macam tantangan serta hambatan di dalam mencapai target tim, baik pada hal emosi, strategi hingga eksekusi pada anak-anak buahnya.

  1. Program Leader as a Coach

Program ini bertujuan untuk agar peserta yang sebagai pemimpin akan dibekali kemampuan menjadi seorang pelatih atau coach yang mampu untuk memberdayakan serta mengoptimalkan semua potensi yang terbaik timnya miliki.

Selain berbagai program di atas, Kubik Leadership juga mempunyai tiga program lain yaitu Leading in Crisis, Business Leadership dan Organizational Leadership yang mempunyai tujuan masing-masing juga. Nah, dengan mengadakan inhouse training peningkatan kualitas dari SDM perusahaan akan sangat mungkin terjadi.

Leader hanya perlu memberikan materi yang menjadi permasalahan yang terjadi pada trainer sehingga mereka mampu menyusun dan memberikan materi yang paling sesuai untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Misalnya jika terdapat masalah pada manajemen SDM, maka leader bisa memberitahukan masalah tersebut sehingga trainer akan membuat materi pelatihan manajemen SDM yang paling tepat dan sesuai. Semoga bermanfaat.