KUBIK LEADERSHIP / Lead for Impact

Rata – rata sebagian besar karyawan di perusahaan – perusahaan besar terkadang sering mengalami rasa bosan, penat dan jenuh ketika melakukan aktivitas pekerjaan setiap hari. Apalagi jika tuntutan pekerjaan yang mengharuskan karyawan tersebut menyelesaikan pekerjaan di waktu yang singkat dan hasil yang maksimal sesuai arahan atasan. Tentu saja, hal ini justru akan berdampak buruk pada kualitas kinerja hingga dapat menurunkan semangat kerja dalam diri karyawan tersebut, bukan? Alasan inilah yang membuat perusahaan penting untuk memberikan pelatihan dan pengembangan SDM kepada para karyawan agar semangat kerja tetap terjaga dan mampu memberikan feedback baik untuk perusahaan. Dalam hal ini, para leader perusahaan perlu untuk mengetahui bagaimana tips dan trik mudah mengenai cara membangkitkan semangat kerja pada karyawan.

Mengapa perusahaan penting memberikan semangat kerja pada karyawan?

Sebelum mengetahui lebih detail mengenai bagaimana cara membangkitkan semangat kerja pada karyawan, ada baiknya leader mengetahui mengenai alasan pentingnya memberikan motivasi kerja kepada karyawan. Hal ini penting agar motivasi kerja yang ada dalam diri karyawan tetap terjaga dan dapat terus meningkat sejak mereka mendaftar di perusahaan tersebut. Secara umum, alasan pentingnya perusahaan membangkitkan semangat kerja pada karyawan yakni sebagai berikut :

  • Mampu meningkatkan semangat kerja dalam diri setiap karyawan sejak awal mendaftar di perusahaan tersebut.
  • Dapat membantu meringankan beban pekerjaan yang sedang dihadapi oleh perusahaan.
  • Mampu menciptakan nilai produk atau jasa layanan yang berkualitas kepada konsumen.

Bagaimana cara membangkitkan semangat kerja pada karyawan?

Demi menunjang kesuksesan suatu perusahaan, leader perlu membangkitkan semangat kerja pada karyawan dengan melakukan tips dan trik seperti berikut ini :

  • Usahakan untuk selalu mendengarkan dan menghargai pendapat karyawan, sehingga perusahaan dapat mencari ide – ide kreatif yang dapat meningkatkan produk atau jasa layanan yang ditawarkan kepada konsumen.
  • Berikan apresiasi kepada karyawan yang mampu membuktikan peningkatan kinerja di perusahaan tersebut.
  • Selalu bangun lingkungan yang positif agar karyawan dapat mengembangkan kinerjanya lebih baik lagi.
  • Selalu menjaga kepercayaan antara atasan dan karyawan agar kerja sama yang terjalin dapat berjalan dengan baik dan lancar.
  • Siapkan jenjang karir yang menjanjikan agar memotivasi karyawan untuk lebih giat bekerja.
  • Selalu memberikan motivasi kepada karyawan dengan memberikan wawasan dan pengetahuan yang kuat mengenai dunia kerja di perusahaan.
  • Berusaha untuk menjadi panutan yang baik bagi karyawan.
  • Persiapkan fasilitas lain selain gaji pokok yang diberikan agar karyawan tertarik dan nyaman bekerja di perusahaan tersebut.
  • Tidak ada salahnya untuk menawarkan sistem kerja yang fleksibel agar karyawan tidak mudah jenuh dan bosan di tempat kerjanya.
  • Mengadakan acara pertemuan santai dengan karyawan untuk meningkatkan motivasi kerja.

Selain cara membangkitkan semangat kerja di atas, leader juga perlu untuk memberikan pelatihan dan pengembangan SDM melalui PT Kubik Kreasi Sisilain. Hal ini tidak hanya dapat memotivasi semangat kerja para karyawan, namun juga bermanfaat bagi pemimpin perusahaan untuk menjadi leading in crisis dan leader as a coach bagi karyawan.