Kubik Leadership / Lead for Impact

 

Memiliki keinginan adalah fitrah manusia. Dari lahir pun bayi mampu menyampaikan keinginannya dengan menangis. Setiap kita bahkan bisa memiliki banyak keinginan.

Namun, untuk mampu memiliki keinginan yang mantap ternyata tidak semudah itu. Dibutuhkan faktor tambahan lain agar seseorang mampu memutuskan apa yang benar benar ia inginkan.

Pertama, kepercayaan diri. Ya, PD tidaknya seseorang ikut mempengaruhi apakah ia mampu membuat keputusan dan menentukan pilihannya, atau malah bimbang dan selalu ragu.

Kedua, wawasan. Pengetahuan dan referensi yang terkumpul di benak seseorang bisa menjadi pemicu apakah seseorang mampu menentukan pilihannya dengan baik atau belum.

Ketiga, pengalaman. Apa yang kita alami menjadi pembelajaran yang baik untuk seseorang menentukan keinginannya di masa depan.

Ketiga faktor tadi bisa mempengaruhi satu sama lain. Artinya, bisa jadi karena memiliki kepercayaan diri, seseorang mampu untuk mengambil langkah nyata dan akhirnya memiliki pengalaman disitu. Atau sebaliknya, karena sudah memiliki pengalaman disana, seseorang bisa memiliki kepercayaan diri.

Jadi, agar kita terlatih untuk mampu menentukan sebuah keinginan dengan baik, tingkatkan kepercayaan diri, bekali dengan pengetahuan yang diperlukan dan mulai aja dulu, karena tanpa tindakan, tiada pengalaman.

Andra Donatta
Personal Development Coach

#KubikLeadership
#LeadForImpact
#PowerfulTrainers
#Training
#Coaching
#Consulting

Keep Sharing & Inspire Your Lovable Friends